Selamat Datang di Situs Informasi Perkantoran Medik Universitas Indonesia

Rabu, 12 Oktober 2011

Sejarah Vokasi Universitas Indonesia

Pelayanan medis di rumah sakit tidak cukup hanya diberikan oleh tenaga kedokteran seperti dokter, dokter spesialis, dokter sub-spesialis dan kelengkapan alat-alat canggih semata, tetapi diperlukan juga tenaga lain seperti perawat, para medis dan tenaga non medis yang saling melengkapi, sehingga terbentuk suatu pelayanan kedokteran yang sempurna, efisien dan efektif.Fakta menunjukkan jumlah tenaga medis baik umum ataupun spesialis lebih besar dibandingkan dengan tenaga madya.Keadaan tersebut perlu segera diantisipasi dengan mengembangkan Program Pendidikan Diploma yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa mendatang. Bentuk pendidikan yang dianggap sesuai untuk diimplementasikan adalah Program Diploma III dan IV di Fakultas Kedokteran UI yang terkoordinasi dan terintegrasi, sehingga akan terbentuk keselarasan di dalam keilmuan dengan bidang kedokteran yang sudah ada, yang kemudian hari tidak terjadi tumpang tindih di dalam peran kerja para lulusan yang dihasilkan.
Pada tanggal 1 April 1997, berdasarkan SK Rektor No. 043/SK/R/UI/1997 Program Diploma III Perumahsakitan FKUI didirikan.



Berdasarkan keputusan Rektor UI tanggal 09 Oktober 2007 nomor 690/SK/R/2007 tentang perbaikan struktur organisasi inti Universitas Indonesia, Program D III yang dikelola oleh Fakultas Kedokteran mengalami perbaikan struktur organisasi. Sesuai SK Rektor No. 696A/SK/R/UI/2008, tentang penyelenggaraan Program Vokasi UI, mulai tahun akademik 2008/2009, Pengelolaan Program Diploma III FKUI tidak lagi di kelola oleh Fakultas Kedokteran. Pengelolaan dialihkan ke Program Vokasi Universitas Indonesia, dengan nama Program Vokasi UI Bidang Studi Kedokteran yang mempunyai tiga Program Studi, yaitu: Program Studi Fisioterapi, Program Studi Okupasi Terapi dan Program Studi Perumahsakitan.

Visi: 
Menjadi satu diantara lembaga pendidikan Diploma Perumahsakitan terbaik di ASEAN tahun 2020

Misi: 
Menghasilkan lulusan Program Diploma yang siap pakai, profesional, berperilaku melayani dan terserap di dunia kerja dan pendidikan secara nasional maupun internasional.


sumber  http://www.dialog.ui.ac.id/browse/detil/01.00.15.01



Tidak ada komentar:

Posting Komentar