Selamat Datang di Situs Informasi Perkantoran Medik Universitas Indonesia

Rabu, 12 Oktober 2011

Sekilas Mengenai Perkantoran Medik

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terfavorit pilihan para calon mahasiswa. Dan hampir setiap calon mahasiswa bermimpi serta berharap untuk diterima sebagai mahasiswa di Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia memiliki banyak fakultas yang dapat kita pilih. Salah satunya adalah fakultas vokasi yaitu program diploma III yang sejak tahun ajaran akademik 2008/2009 program Diploma III dialihkan namanya menjadi Program Vokasi Universitas Indonesia. Walaupun fakultas ini Belum begitu familiar di telinga calon mahasiswa Namun peminat calon mahasiswa di vokasi setiap tahunnya semakin meningkat.

Salah satu Program Vokasi yang ada di Universitas Indonesia yaitu Program Vokasi Bidang Studi Kedokteran. Program ini terdiri dari tiga program studi yaitu Perumahsakitan, Fisioterapi dan Okupasi Terapi. Tujuan dari program studi ini yaitu dapat menghasilkan tenaga kedokteran/kesehatan paramedik dan nonmedis tingkat ahli madya dengan kulaitas prima, berdaya guna, bermoral dan berdedikasi tinggi.
Dimana di program studi perumahsakitan nantinya akan dibagi menjadi empat peminatan lagi di semester III. Empat Peminatan itu adalah :
1. Perkantoran Medik
2. Sekretaris Medik
3. Keuangan
4. Public Relation

Selanjutkan kita akan memfokuskan membahas mengenai perkantoran medik yang merupakan salah satu dari empat peminatan lain (Sekretaris Medik, Keuangan, dan Public Relation) yang terdapat di jurusan Perumahsakitan Program Vokasi Bidang Studi Kedokteran Universitas Indonesia. Perkuliahan berlangsung selama 3 tahun. Khusus untuk peminatan perkantoran medik, mata ajar kuliah yang di persyaratkan adalah Pengantar Ekonomi Kesehatan, Penyusunan Perencanaan dan Evaluasi Rumah Sakit dan Administrasi Perkantoran. Selanjutnya, pada semester akhir (VI) akan dilakukan magang di rumah sakit.

Kekhususan peminatan perkantoran medik ini adalah untuk mempelajari rekam medis namun selain tentang rekam medis, perkantoran medik juga tentang manajemen unit/instalasi yang ada di rumah sakit seperti manajemen kamar operasi, manjaemen radiologi, manajemen farmasi, manajmen rawat jalan serta manajemen pelayanan medik dan penunjang medik lainya. 

Setelah mengikuti perkuliahan dalam peminatan perkantoran medik ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi lulusan ahli madya yang profesional khususnya di bidang kesehatan. (Dini.w)


Peluang Kerja Perkantoran Medik 

Peluang kerja lulusan Perkantoran Medik Universitas Indonesia cukup luas, dikarenakan mata ajar selama perkuliahan mencakup aspek-aspek dibidang perkantoran seperti berbagai hal mengenai manajemen-manajemen yang ada di rumah sakit. Sehingga lulusan perkantoran medik dapat bekerja menjadi seorang staff ataupun ‘naik kelas’ menjadi seorang manager di bidang:

Rekam Medis
Laundry,linen dan CSSD RS
Limbah, Sanitasi dan Infeksi Nosokomial
Logistik RS
Pelayanan Keperawatan
Pemeliharaan RS
Radiologi dan alat canggih RS
Pelayanan gizi
Inst. Farmasi dan apotik
Kamar operasi, IGD (Instalasi Gawat Darurat) dan pelayanan intensif RS
MCU (Medical Check Up) dan Laboratorium RS

Keterampilan yang dimiliki lulusan Perkantoran Medik pun sangat beragam, dikarenakan mahasiswa / mahasiswinya mendapat materi dan praktek di berbagai bidang seperti:
Pengaplikasian komputer seperti Database, presentasi dan publikasi, frontpage, dll
Pengkodean Rekam Medis menggunakan ICD 9 dan 10
Customer Service
Selain bekerja dibidang hal-hal yang disebutkan diatas, lulusan perkantoran medik dapat menjadi seorang wirausaha. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkan perkuliahan ‘kewirausahaan’ yang mempelajari dasa-dasar menjadi seorang wirausaha, sehingga mereka dapat membangun sebuah usaha baik dibidang kesehatan ataupun yang lainnya.

 sumber  http://perkantoranmedik2010.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar